Print

Ucap Janji dan Kuliah Umum

Published on Posted in Berita

UCAP JANJI MAHASISWA KEPERAWATAN

Sebagai implementasi dari proses belajar yang telah didapatkan selama proses belajar teori dan laboratorium, mahasiswa Keperawatan akan menjalani Proses Belajar Klinik untuk mendapatkan pengalaman real dalam memberikan asuhan keperawatan bagi pasien. Oleh karena itu, sebelum mahasiswa menjalani Praktek Belajar Klinik di Rumah Sakit perlu dipersiapkan secara fisik, emosional dan psikologis sekaligus pemahaman tentang kode etik Profesi dan Kode Etik Rumah Sakit. Oleh karena itu, dalam rangka menyiapkan mahasiswa dilaksanakan kegiatan Upacara ucap janji.

Kegiatan ucapa janji Mahasiswa Jurusan Keperawatan Semarang dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2013 bertempat di Auditorium Poltekes Kemenkes Semarang. Adapun tema ucap janji mahasiswa untuk tahun 2013 adalah “Mempersiapkan Perawat Millenium Yang berbudi luhur, cerdas dan kritis dalam berkarya” .

Ketua Jurusan Keperawatan (Heru Supriyatno, MN) dalam laporan pendidikan menyampaikan bahwa proses kegiatan belajar mengajar di Jurusan Keperawatan selalu dinamis dan mengikuti perkembangan terkini dalam meningkatkan kompetensi yang dipersyaratkan oleh profesi maupun dari pengguna. Jurusan Keperawatan juga selalu update terhadap regulasi-regulasi external yang mengatur persyaratan minimum kompetensi perawat. Proses belajar juga telah dikembangkan sesuai dengan regulasi kompetensi dari WHO (World Health Organization) dalam bentuk dokumen dari WP SEAR (Western Pacific South East Asean Region). Oleh karenanya proses belajar dikembangkan dalam bentuk student center learning, problem based learning dengan pendekatan tutorial. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Jurusan juga membacakan pencapaian prestasi mahasiswa semester I sekaligus pemberian penghargaan bagi mahasiswa berprestasi.

Dalam sambutanya, Direktur Poltekes Kemenkes Semarang (Sugiyanto,SPd.MAPP.Sc) menyampaikan bahwa kegiatan ucap janji merupakan moment yang penting sebagai sarana persiapan diri praktik klinik keperawatan di rumah sakit, mahasiswa yang akan terjun ke Rumah Sakit harus dipersiapkan sebaik mungkin agar dapat Disiplin dan Mentaati aturan yang berlaku di Rumah Sakit. Lebih dari itu, pada waktu memberikan pelayanan harus selalu menjaga nama baik diri sendiri, nama baik almater dan nama baik Rumah Sakit. Mahasiswa keperawatan dalam memberikan pelayanan juga harus memiliki motto sebagaimana motto Poltekkes Semarang yaitu Services with Heart. Oleh karenanya pada saat memberikan pelayanan kepada pasien sebaiknya melayani dengan hati, selalu mengedepankan senyum, salam dan sapa, peduli kepada pasien, berpenampilan yang rapi dan menarik serta percaya diri dan yang tidak kalah penting adalah tidak boleh bermain handphone pada waktu memberikan pelayanan di hadapan pasien, karena hal tesebut tidak menunjukkan respect kepada pasien. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat menghayati dan memahami arti penting profesi, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi umat manusia dengan baik dan penuh dengan rasa humanis. Mahasiswa diharapkan dapat melaksanakan praktek sesuai dengan kode etik keperawatan serta undang-undang yang berlaku.

Ucap janji pada tahun ini dan tahun lalu semakin menarik dikarenakan tim paduan suara yang menyanyikan Hymne dan Mars Poltekkes, Mars PPNI dan Lagu hiburan adalah dosen dan staf kependididkan Jurusan Keperawatan.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan pelatantikan pengurus PPNI Komisariat Pendidikan Program Studi Keperawatan Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang oleh Ketua PPNI Kota Semarang (Harmoko, SKep, Ners).

Kegiatan Ucap janji di lanjutkan dengan kegiatan Kuliah Umum dari Pemimpin Redaksi Suara Merdeka (Triyanto Triwikromo). Dalam paparannya, nara sumber menyampaikan perkembangan-perkembangan terkini profesi keperawatan di media massa dan peran perawat dalam memberikan tulisan ilmiah di media massa.